Flag Counter

Perlukah Sebuah AntiVirus Untuk Komputer Warnet?

Posted by


Pada entri kali ini saya akan memberikan sebuah artikel yang mana ini diangkat dari pengalaman saya ditempat kerja maupun saat memperbaiki warnet-warnet yang ada dikota saya. Mungkin diantara pembaca bingung dengan Perlukan Sebuah AntiVirus untuk Komputer Warnet? Jawaban akan saya bahas saat lagi.
Memang secara garis besar tidak bisa dipungkiri bahwasannya penyebaran dedemit (Virus) melalui internet, masuk kekomputer, tersebar malalui media penyimpan portable. Nah bagi owner-owner warnet Virus merupakan ancaman yang tidak bisa dianggap sepele. Kenapa demikain? Bayangin saja jika komputer yang terjangkit dedemit tadi hanya satu kompi client, bagaimana kalau kompi client ada 10, 15, 20, dst nya. Sungguh hal yang memang tidak diingin kan setiap owner. Masih mending owner bisa melalukan instalasi dengan sendirinya. Namun bagaimana dengan mereka yang membuka usaha bermodalkan uang saja selanjutnya mengandalkan jasa teknisi untuk perbaikan. Pasti hal ini sangat tidak diinginkan karna akan menambah biaya pengeluaran.


Nah jadi, antivirus memang sebuah program aplikasi yang mana untuk menjaga sistem keamanan komputer Anda. Namun bagaimana penerapannya pada komputer warnet? Hal ini dapat saya katakan tidak lah perlu. Mengingat ada beberapa kekurangan apabila sebuah komputer client pada setiap warnet dipasang AntiVirus. Berikut gendala yang mungkin sering dijumpai bila kompi client dipasangi AntiVirus :
  • Dengan memasang AntiVirus dikompi client kinerja komputer akan melambat seiring source memori yang digunakan antivirus tadi.
  • Setiap pelanggan yang berselancar diinternet, akan dipersulit dengan adanya antivirus. Mengapa? karna setiap pelanggan yang ingin mengunduh sebuah aplikasi dari internet, tak jarang hasil download akan corrupt (file rusak).
  • Untuk menjalankan game online, tak jarang juga sulit login ke game karna terhalang firewall dari AntiVirus. Sebenarnya sih bisa saja di disable AntiVirusnya, tapi itu bagi yang mengerti. Bagaimana dengan pelanggan Anda yang minim pengetahuan akan hal itu, contohnya : anak-anak.
  • Tak jarang juga sebuah antivirus yang dibenamkan pada kompi client, akan terjadi bentrok dengan aplikasi billing Anda. Pernah kejadian dilapangan begitu. User sudah main 2 jam, namun waktu billing masih tetap berjalan sekitar 1 jam. Merugikan bukan.?
Mungkin masih banyak lagi hal-hal yang diluar dugaan akan terjadi dengan menggunakan antivirus pada komputer warnet Anda.

Jadi sebaiknya aplikasi apa yang bisa memudahkan semua masalah itu namun tetap menjaga kestabilan komputer warnet Anda.
Nah berikut saya berikan aplikasi yang wajib dimasukkan kedalam komputer warnet untuk menjaga komputer tetap bersih dari virus :
  1. Browser yang up to date (versi terbaru)
  2. Deep Frezee  versi terbaru ( fungsinya untuk membackup data sehingga begitu komputer restart, komputer akan bersih kembali )
  3. Anti-Axecutable ( ini fungsi agar user tidak bisa sembarang menginstal aplikasi pihak ketiga dikomputer client Anda)
Pada poin ke dua dan ketiga saya kira sudah cukup ampuh untuk mengamankan sistem anda dari serangan virus yang mingintai setiap waktu, apalagi bila mengingat yang nama komputer warnet jam terbangnyakan tinggi yang selalu terkoneksi pada internet.
Segitu dulu ulasan dari saya tentang Perlukah Sebuah Antivirus untuk Komputer Warnet. Semoga bisa berguna buat pembaca sekalian.
SEMOGA BERGUNA


Blog, Updated at: Jumat, Februari 06, 2015

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Facebook  Twitter  Google+
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork
Referral Banners
Email Autoresponder
Sistema Enlaces Reciprocos
Diberdayakan oleh Blogger.