Flag Counter

Sejarah Singkat PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero)

Posted by

 


PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero) / PTPN XI Persero adalah salah satu badan usaha milik negara, yang bergerak di Industri Gula dan berkantor pusat di Jl. Merak No 1 Surabaya. PTPN XI Persero dibentuk berdasarkan peraturan pemerintah no. 16 tahun 1996, tanggal 14 Februari 1996. Akta pendiriannya, didasarkan pada Akte Notaris Harun Kamil SH. No. 44 th. 1996, pada tanggal 11 Maret 1996. Yang merupakan peleburan dari PTP XX (Persero) dan PTP XXIV, XXV (Persero). Dengan saham 100% pemilikan oleh pemerintah.
Menurut sejarahnya, pada jaman kolonial Belanda, perusahaan-perusahaan ini adalah milik swasta Belanda.
Mulai tahun 1957 permerintah Republik Indonesia melalui menteri Pertahanan RI saat itu melakukan pengambilalihan semua perusahaan milik Belanda, selanjutnya berdasarkan UU no 86 tahun 58 semua perusahaan perkebunanan milik Belanda dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia, untuk pengelolaan selanjutnya dibentuklah badan nasionalisasi perusahaan milik Belanda atau disingkat BANAS yang ditindaklanjuti dengan pembentukan Badan Pengawas Uumum Perusahaan Perkebunan Negara atau BPU - PPN yang berkedudukan di Jakarta dengan tugas mengawasi dan mengkoordinir kegiatan perusahaan yang berada di daerah-daerah termasuk daerah Jawa Timur.
Dalam perkembangan di tahun-tahun berikutnya BPU - PPN dikelompokkan sesuai denganjenis bududaya tanamanya yaitu yang pertama adalah perkebunan yang mengelola aneka tanaman dan yang kedua adalah perkebunan yang mengelola gula. Beberapa diantara perusahaan - perusahaan perkebunan negara di Jawa timur adalah Perusahaan Negara Perkebunan Gula XXIV dan Negara Perkebunan Gula XXV yang berlokasi di jawa timur sebelah timur. Adapula Perusahaan Negara Perkebunan XX yang terletak di daerah kabupaten Madiun, Magetan dan Ngawi.
Perkembangan berikutnya Perusahaan Negara Perkebunan tersebut berubah bentuknya menjadi Perseroan Terbatas Perkebunan (PTP). Berdasarkan peraturan pemerintah No.15 tahun 1975 tanggal 30 Juni 1975 dua perusahaan Negara perkebunan yaitu Perusahaan Negara Perkebunan XXIV dan Perusahaan Negara Perkebunan XXV dilebur menjadi Perseroan Terbatas Perkebunan XXIV-XXV ( persero ) yang akte pendirianya diahadapan notaris DHS Lumban Tobing SH dengan akte No. 57 tahun 1975 tanggal 30 Juni 1975.
Selanjutnya berddasatrkan peraturan pemerintah No.16 tahun 1996, PT Perkebunan XX (Persero) yang didirikan berdasarkan peraturan pemerintah No. 6 tahun 1972, dan PT Perkebunan XXIV - XXV (persero) yang didirikan berdasarkan peraturan pemerintah NO. 15 TAHUN 1975 dilebur dalam satu perusahaan perseroan baru dengan nama PT. Perkebunan Nusantara XI (persero). Yang Akte pendirianya dibuat dihadapan Notaris Harun Kamil SH. Dengan akte No 46 Tahun 1996 tanggal 11 Maret 1996. Struktur Organisasi PTPN XI (persero) terdiri dari Komisaris, Direksi yang dibantu oleh bagian dab biro dan membawa unit -unit usaha yang ada dibawahnya.
Untuk di kantor Pusat Surabaya, Jajaran Direksi dibantu oleh beberapa bagian Biro, masing- masing adalah :
- Biro Sekertariat Perusahaan
- Bagian Satuan Pengawasan Internal
- Bagian TYeknologi Informasi
- Bagian Teknik
- Bagian Pengolahan
- Bagian Tanaman
- Bagian Keuangan
- Bagian Akutansi
- Bagian Umum
- Bagian Sumber Daya Manusia
- Bagian Pengadaan
- Bagian Pemasaran
- Serta Bagian Penelitian dan Pengembangan Usaha

Sedangkan unit-unit usaha, Direksi menunjuk Pimpinan Unit Usaha yaitu :
- Administratur, untuk Pimpinan Unit Pabrik Gula & Pabrik Karung
- Kepala, untuk Pimpinan Pabrik Spriritus & Alkohol (Ethanol) serta rumah sakit

Unit-unit Usaha yang ada di bawah PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero) sebanyak 23 unit yaitu :
- 17 pabrik gula
- 1 pabrik spiritus dan alkohol
- 1 pabrik karung goni
- dan 4 rumah sakit

Semuanya berada di Jawa Timur dan tersebar di beberapa wilayah yaitu :
1. Kabupaten Pasuruan terdapat :
- 1 Pabrik Gula Kedawoeng

2. Kabupaten Probolinggo terdapat :
- Pabrik Gula Wonolangan
- Pabrik Gula Gending
- Pabrik Gula Pajarakan
- dan Rumah Sakit Wonolangan

3. Kabupaten Situbondo terdapat :
- Pabrik Gula Demas
- Pabrik Gula Wringin Anom
- Pabrik Gula Olean
- Pabrik Gula Kranji
- Pabrik Gula Asembagus
- dan Rumah Sakit Elisabeth

4. Kabupaten Bondowoso terdapat :
- Pabrik Gula Prajekan

5. Kabupaten Jember terdapat :
-Pabrik Gula Semboro

6. Kabupaten Lumajang terdapat :
- Pabrik Gula Djatiroto
- Pabrik Alkohol dan Spiritus
- dan Rumah Sakit Djatiroto

7. Kabupaten Madiun, Ngawi dan Magetan terdapat :
- Pabrik Gula Kanigoro
- Pabrik Gula Pagotan
- Pabrik Gula Purwodadi
- Pabrik Gula Rejosari
- dan Pabrik Gula Sudhono

8. Kota Malang terdapat :
- Rumah Sakit Umum Lavalete

9. Kota Surabaya terdapat :
- Pabrik Karung Rosella Baru

Jumlah karyawan yang bernaung di bawah PTPN XI (Persero) adalah sekitar 20.000 orang yang terdiri dari karyawan pimpinan dan pelaksana.
Disamping itu baik secara langsung atau tidak, multiplier effect adanya PT. PERKEBUNAN NUSANTARA Xi (persero) telah dirasakan para karyawan, petani dan masyarakat sekitarnya dimana tidak kurang dari Rp.700 milyard dana yang dibelanjakan setiap tahunnya.
Sedang sebagai bentuk Social Resposibility, Perusahaan juga menggulirkan dana PUKK kepada mitra binaan. Dana yang telah terserap untuk para pengusaha kecil telah dimanfaatkan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar.
Untuk tahun-tahun selanjutnya upaya pencapaian sasaran untuk produksi ditekankan pada peningkatan produktivitas, efisiensi dan mutu produk melalui :
Penggantian varietas unggul baru seperti R.579 yang mana memiliki potensi produksi antara 9 sampai 12 ton kristal per hektar, sedang varietas lama yang masih potensial antara lain : PS.41 dan POJ.3016.
Soil building melalui pemanfaatan pupuk organik pada lahan berpasir dan lahan berat.
Replanting pada tanaman keprasan yang telah mengalami degenerasi.
Perbaikan manajemen tebang angkut, serta penyiapan peralatan pabrik yang prima baik melalui mantenance maupun rehabilitasi pabrik.

Untuk info lengkap klik ini


Blog, Updated at: Rabu, Januari 07, 2015

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Facebook  Twitter  Google+
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork

Blog Archive

Referral Banners
Email Autoresponder
Sistema Enlaces Reciprocos
Diberdayakan oleh Blogger.